Roh Orang Meninggal

Banyak sekali anggapan-anggapan yang beredar di masyarakat mengenai kepercayaan roh gentayangan atau roh yang kembali ke rumah pada malam Jumat. Bahkan kepercayaan ini sudah mendarah daging di masyarakat kita, yang sebagian besar masih awam akan ilmu agama.

Jika kita telusuri lebih lanjut, maka kita akan dapati bahwa hadits-hadits yang berkaitan dengan keyakinan semacam ini, maka kebanyakan hadits-hadits tersebut dikutip tanpa sanad dan tanpa menunjukan kitab induk hadits mana yang diambil, bahkan bisa jadi riwayatnya pun dha’if (lemah).

Dan kalau pun kita cari hadits itu dalam kitab-kitab induk hadits, tidak akan kita temukan. Ini menandakan bahwa hadits-hadits itu adalah hadits dha’if atau bahkan maudhu’ (palsu). Dan hadits dha’if ataupun maudhu’ tidak bisa dijadikan sebagai sandaran hukum yang kuat tentang permasalahan ini.

Seandainya kita mengetahui dimana keberadaan roh orang yang meninggal lalu apakah kemudian kita akan menjadi semakin rajin untuk beribadah dan takut kepada Allah? atau sebaliknya? Saudaraku, keyakinan bahwa roh akan kembali kepada keluarganya di alam nyata setiap malam jumat, roh gentayangan, kemudian ia berdiam di rumah selama 40 hari adalah keyakinan yang tidak dibenarkan (menyimpang) dan bertentangan dengan syariat Islam.

Mengapa demikian?
Baca disini : https://bimbinganislam.com/roh-orang-meninggal-kembali-pada-malam-jumat/

Leave a Reply

*