Reportase Munaqasyah Tugas Akhir Ma’had Al Ilmi Yogyakarta

Reportase Munaqasyah Tugas Akhir Ma’had Al Ilmi Yogyakarta

Alhamdulillah. 17-23 Muharram 1444/15 Agustus 2022 telah dilaksanakan Munaqosyah Santri/santriwati Ma’had Al Ilmi 1442/1443 Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh YPIA Academy sebagai salah satu syarat kelulusan santri. Acara ini dilaksanakan oleh divisi YPIA Academy, Munaqasyah sendiri berlokasi di Aula Kantor YPIA Pogungrejo.

Ustadz penguji setiap santri berjumlah dua orang, dan santri mengikuti ujiannya sendiri-sendiri. Bahkan ada santri yang melakukan Munaqasyah dari Luar Negeri, dan Munaqasyahnya dilaksanakan online, dikarenakan santri tersebut sedang berada di luar negeri.

Para santri diberikan 2 pilihan, yakni karya tulis ilmiah dan transkrip kajian dari ustadz selama periode 1442/1443 H. Adapun teknis para santri dan santriwati diberikan waktu untuk menyusun tugas akhir dari bulan maret. Pengurus menentukan temanya dan ustadz/ ustadzah pembimbingnya. Setelah berkonsultasi dengan para pembimbing santri menentukan jenis dan judul tugas akhir sesuai keinginan santri setelah mendapat persetujuan dari usatdz pembimbing.

Kemudian santri menyusun tugas akhir sampai bulan juli dengan total minimal 4 kali bimbingan dari ustadz pembimbing masing-masing. Setelah mendapat acc dari ustadz pembimbing masing-masing, para santri mengumpulkan hasilnya dan diujikan secara Munaqasyah di bulan Agustus.

Pada hari ujian santri mempresentasikan hasilnya, lalu ustadz penguji akan menanyakan dan memberikan masukan kepada para santri terkait apa yang telah dikerjakan.

Kali ini Munaqasyah diikuti oleh 16 santri putra dan 17 orang santri putri. Dengan adanya kegiatan Munaqasyah ini, diharapkan dapat meningkatkan kebermanfaatan YPIA untuk dakwah kepada Mahasiswa dan pelajar.

Untuk pendaftaran santri baru Ma’had Al Ilmi bisa untuk mengunjungi instagram Ma,had Al Ilmi atau Fanspage Facebook Ma,had Al Ilmi Yogyakarta atau bisa hubungi YPIA Academy.

Reportase Dicky dan Angki Radio Muslim

Leave a Reply

*