Merenungi Akibat Perbuatan

Ibnu al-Jauzi rahimahullah berkata :

Orang yang memikirkan secara seksama akibat setiap perbuatan sebelum melakukanya pasti akan menuai manfaatnya dan selamat dari mudharatnya. Sedang orang yang tak mau merenungkan akibat setiap tindakan pasti akan kalah oleh hawa nafsunya. Keselamatan yang diharapkanya pun berbah menjadi kecelakaan, sementara kesenangan yang diinginkanya malah berubah menjadi kesengsaraan.

“Untuk mengetahui akibat suatu perbuatan di masa mendatang, Anda bisa melakukanya dengan mengingat-ingat suatu perbuatan dimasa lalu.”

Di sepanjang usia anda pasti anda sudah pernah mendurhakai Allah atau mentaati-Nya. Pertanyaanya : ke mana kelezatan kemaksiatan yang pernah anda lakukan itu? Dan ke mana keletihan ketaatan yang pernah anda kerjakan itu?, Oh, rupanya semuanya telah pergi beserta seluruh perkara yang mengiringinya! Alangkah menyenangkannya andai dosa ikut berhenti berbarengan dengan berhentinya perbuatan!

Pendek kata, renungkanlah akibat! Pasti anda akan selamat. Dan jangan turuti kemauan hawa nafsu, karena anda pasti akan menyesal.

Shaid al-khathir, hal. 31-32

Baca : https://shahihfiqih.com/tazkiyatun-nafz/merenungi-akibat-perbuatan/

Donasi yuk ke Rekening BNI Syariah (kode 427) No. Rekening 77.55.33.11.93 a.n Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari⁠

Leave a Reply

*