JAGA JUGA ‘LISAN’ ANDA DI SOSIAL MEDIA!

JAGA JUGA ‘LISAN’ ANDA DI SOSIAL MEDIA!

Hendaknya kita berhati-hati dalam berkomentar dan menahan diri untuk berkomentar terhadap semua yang kejadian yang kita lihat dan kita dengar. Hendaknya kita perhatikan beberapa poin-poin berikut:

[1] Hendaknya kita paham bahwa terlalu banyak berbicara bisa mengeraskan hati.

[2] Jika kita bukan ahlinya atau tidak berilmu mengenai hal tersebut, hendaknya kita tidak ikut memberikan komentar, apalagi komentar di sosial media dan publik

[3] Hendaknya kita hati-hati ketika men-share dan mengomentari kejadian atau berita, karena bisa jadi berita tersebut tidak benar atau berita HOAX.

⁠[4] Ketika ada berita yang terbukti kebenarannya pun, kita tidak boleh asal-asalkan menyebarkannya ke publik secara luas, karena tidak semua berita harus disebarkan ke publik dan manusia secara umum. Harus menimbang mashalahat dan mafsadatnya. Hal ini berlaku untuk berita baik maupun berita buruk.

[5] Ada baiknya kita diam ketika mendapatkan berita yang kita tidak punya ilmu dalam hal tersebut. Hendaknya kita serahkan kepada ahlinya atau yang berilmu baik dari kalangan umara’ mampun ulama serta para ilmuan.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Barangsiapa bisa memberikan jaminan kepadaku (untuk menjaga) apa yang ada di antara dua janggutnya (lisan) dan dua kakinya (kemaluan), maka kuberikan kepadanya jaminan masuk surga”

(HR. Bukhari)

🖋️Ustadz dr. Raehanul Bahraen, M.Sc, Sp.PK
🌐https://muslim.or.id/43108-tidak-semua-kejadian-viral-harus-dikomentari.html

Leave a Reply

*