Ifthar Ramadhan Peduli Muslim Lintas Negara 1440 H / 2019 M

Ifthar Ramadhan Peduli Muslim Lintas Negara 1440 H / 2019 M

Dalam momen Ramadhan tahun ini, Tim Misi Kemanusiaan Luar Negeri Peduli Muslim insya Allah akan menjalankan Program Ifthar Lintas Negara: Suriah, Palestina, Yaman, Somalia, Bangladesh, dan Thailand. Keenam negara ini dipilih menimbang alasan berikut:

I. #Suriah
Negara ini masih dilanda perang yang tak kunjung usai sejak Maret 2011 (9 tahun). Perang di negara ini cukup brutal karena tidak sedikit warga sipil non kombatan yang menjadi korban. Tempat-tempat umum seperti pasar, sekolah, hingga rumah sakit pun berhancuran. SOHR (Syrian Observatory of Human Rights), memperkirakan jumlah total korban yang meninggal dunia dalam perang ini adalah sebesar 570.000 jiwa.

II. #Palestina
Negara yang salah satu tanah suci kaum muslimin “Masjidil Aqsha” berada ini masih dalam penjajahan kaum Yahudi. Untuk kepentingan perluasan pembangunan pemukiman ilegal Yahudi, blokade dan pengusiran penduduk masih terjadi hingga sekarang. Konferensi PBB tentang Pedagangan dan Pembangunan (UNCTAD: United Nations Conference on Trade and Development) bahkan menyampaikan bahwa apabila blokade jalur Gaza Palestina oleh negara Israel tidak segera diatasi, maka kawasan itu bisa menjadi kawasan tak layak huni pada 2020.

III. #Yaman
Menurut Direktur Eksekutif Program Pangan Dunia (WFP: World Food Programme), Yaman terancam mengalami bencana kemanusiaan terburuk di dunia dalam satu abad terakhir. Perang yang berkecamuk semenjak kaum Syi’ah Hutsi memberontak, memicu bencana kemanusiaan berikutnya: kelaparan massal. WFP menunjukkan data jumlah warga yang terancam kelaparan mencapai +/- 14 juta jiwa, atau hampir 50% penduduk Yaman.

IV. #Somalia
Negara yang selalu berlangganan masuk dalam daftar negara paling berbahaya di dunia ini, sangat membutuhkan perhatian dari saudara-saudaranya di luar Somalia. Apabila musim kemarau tiba, negara ini rawan terjadi kelaparan massal. Belum lagi ditambah suasana perang saudara yang belum juga usai.

V. #Bangladesh
Program ifthar di Bangladesh, diprioritaskan kepada ribuan warga Rohingya yang mengungsi di negara ini, meskipun tidak menutup kemungkinan program ifthar juga ditujukan kepada warga Bangladesh sendiri yang membutuhkan.

VI. #Thailand
Dibanding kelima negara di atas, kondisi keamanan kawasan muslim di Thailand Selatan saat ini alhamdulillah kondusif. Meskipun demikian, ada cukup banyak dhuafa, anak-anak yatim, maupun janda yang memerlukan bantuan. Umat Islam di negara ini, terkonsentrasi di empat propinsi (keseluruhannya di kawasan selatan), yaitu: Satun, Yala, Pattani, dan Narathiwat.

=====

Kaum muslimin yang ingin berpartisipasi dalam Program Ifthar Lintas Negara 1440 H ini, dapat menyalurkan donasinya ke rekening khusus misi kemanusiaan luar negeri Peduli Muslim:

👉 BNI Syariah (Kantor Cabang Yogyakarta | Kode: 427) no: 0.4444.4321.1 a.n. Peduli Muslim

📲 CP: 0823.2258.9997

Keterangan:
✔ Batas akhir donasi: Ahad, 19 Mei 2019
✔ Dana Ifthar *tidak dipotong operasional* tim relawan
✔ Rekening operasional: BNI Syariah no: 0.4444.4322.2 a.n. Peduli Muslim

Leave a Reply

*