Bantuan Kemanusiaan Musim Dingin Syam Akhir 2019

Bantuan Kemanusiaan Musim Dingin Syam Akhir 2019

Syam merupakan salah satu kawasan yang diisyaratkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai kawasan yang memiliki keutamaan dan dianjurkan untuk bermukim di sana, sebagaimana sabda beliau shalllahu ‘alaihi wa sallam dalam hadits shahih li ghairihi:

عَلَيْكُمْ بِالشَّامِ فَإنَّهَا صَفْوَةُ بِلَادِ اللهِ يَسْكُنُهَا خِيرَتُهُ مِنْ خَلْقِهِ..

” Beradalah kalian di Syam. Sesungguhnya ia merupakan negeri pilihan Allah, dihuni oleh makhluk pilihanNya.”
.
Dua negara yang masuk kawasan Syam saat ini masih mendapatkan ujian berat:
1. Pendudukan ilegal kaum Yahudi (wilayah Palestina)
2. Konflik perang (Suriah)

Ujian yang sudah terasa berat tersebut, akan ditambah berat lagi dengan datangnya musim dingin di akhir tahun ini, yang biasanya berakhir pada awal bulan Maret tahun berikutnya.

Musim dingin di Syam, tak jarang diikuti dengan turunnya salju yang lebat. Sementara itu, kondisi konflik berkepanjangan, menyulitkan warga sipil dalam bertahan hidup dari hawa dingin karena kesulitan mencari bahan makanan maupun bahan bakar untuk menghangatkan badan mereka. Pada musim dingin tahun lalu, UNICEF melaporkan bayi-bayi meninggal dunia di Suriah akibat kurangnya perawatan medis dan tempat tinggal yang tak layak, serta kondisi lingkungan membeku.

Saat kami menulis artikel ini, terjadi eksodus besar-besaran penduduk Suriah di kawasan perbatasan sebagai dampak serangan militer Turki terhadap kelompok komunis Kurdi PKK (Partiya Karkerên Kurdistanê / Partai Komunis Kurdi). PBB menyatakan bahwa warga yang eksodus mencapai 100.000 jiwa. Sementara itu, datangnya musim dingin tinggal hitungan hari lagi.

Menimbang kondisi di atas, Tim Peduli Muslim insya Allah akan menjalankan program pengiriman bantuan kemanusiaan ke Syam: baik kepada warga Suriah maupun warga Palestina, di momen musim dingin akhir tahun ini. Bantuan akan diprioritaskan kepada para keluarga fakir miskin, dhuafa, wanita lemah (berumur / janda), dan anak-anak yatim, bekerjasama dengan mitra-mitra lembaga kemanusiaan resmi di Turki yang fokus pada misi kemanusiaan dan tidak turut campur dalam urusan perang dari berbagai pihak yang berkonflik.

Program Bantuan Musim Dingin Syam Akhir 2019 ini sekaligus merupakan program terakhir tim Peduli Muslim untuk Syam, karena mulai tahun 2020 nanti Tim Peduli Muslim akan lebih fokus dalam misi kemanusiaan di tanah air, sebagai respon dari banyaknya musibah bencana alam di tanah air kita, dengan tidak menutup kemungkinan Program Syam akan dibuka lagi di waktu-waktu mendatang, apabila extraordinary case terjadi di sana. Insya Allah

Bantuan donasi, dapat disalurkan melalui rekening berikut:
BNI Syariah (Kantor Cabang Yogyakarta) no: 0.4444.4321.1 a.n. Peduli Muslim.
👉 Batas akhir donasi: 31 Oktober 2019

Adapun bagi Anda yang ingin membantu operasional program ini maupun program-program Peduli Muslim yang lain, dapat menyalurkannya melalui rekening khusus operasional:

BNI Syariah (Kantor Cabang Yogyakarta) no: 0.4444.4322.2 a.n. Peduli Muslim

Leave a Reply

*