3 syarat satu qurban untuk satu keluarga

Salah satu fakta qurban yang perlu kita ketahui adalah seekor kambing atau 1/7 sapi cukup untuk qurban satu keluarga. Pahalanya mencakup seluruh anggota keluarga meskipun jumlahnya banyak, baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal, selama syarat-syarat qurban untuk satu keluarga terpenuhi (Al-Mawsu’ah Al-Fiqhiyyah, 5: 78 dan Kifayah Al-Akhyar, hlm. 579).
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Oleh karena itu, tidak selayaknya seseorang mengkhususkan qurban untuk salah satu anggota keluarganya tertentu. Misalnya, qurban tahun ini untuk bapaknya, tahun depan untuk ibunya, tahun berikutnya untuk anak pertama, dan seterusnya. Asalnya tuntutan untuk berqurban itu pada setiap keluarga, dan yang bertanggung jawab untuk menunaikannya adalah suami (sebagai kepala keluarga) karena dia yang wajib memberikan nafkah kepada istri dan anak-anaknya.

Adapun mengenai keabsahan qurban, jika yang berqurban bukan kepala keluarga namun salah seorang dari anggota keluarga, maka tetap sah jika syarat dan rukun qurban terpenuhi. Misalnya seorang istri punya penghasilan sendiri dan ia mampu untuk berqurban, maka tentu hal ini dibolehkan.

🖊️Sumber: Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal

💡Yuk manfaatkan waktu luang untuk mendengarkan Radio Muslim. ⁠
📻 Simak di 1467 AM atau www.radiomuslim.com
———⁠
Raih pahala jariyyah, klik link :⁠
http://wa.me/6285293348887⁠

Leave a Reply

*